Urology Expert

Cara mengeluarkan batu ginjal tanpa operasi

Cara Mengeluarkan Batu Ginjal Tanpa Operasi, Bisa dengan ESWL Batu Ginjal

Cara mengeluarkan batu ginjal tanpa operasi terbuka kini sudah mungkin dilakukan seiring dengan kemajuan teknologi medis. Begitu juga di ranah urologi.

Terbentuknya batu pada saluran kemih, ginjal khususnya, dapat membuat pemiliknya merasakan nyeri di area pinggang. Berbagai cara meredakan sakit batu ginjal pun sudah dilakukannya. Dari memperbanyak asupan air putih, minum obat pereda nyeri atau memperbanyak istirahat.

Tapi kadang cara tersebut tidak bisa mengatasinya. Karena batu masih saja bersarang di tempatnya. Kadang nyeri akan muncul saat batu bergerak ke saluran lainnya, yang mungkin saja dapat mengakibatkan sumbatan.

Kini cara mengobati batu ginjal tidak harus selalu dengan operasi. Salah satunya adalah dengan terapi ESWL.

ESWL Adalah Metode Memecah Batu Ginjal Tanpa Operasi

ESWL urologi adalah tindakan yang dapat dikatakan tanpa operasi atau non-invasif. Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy ini secara akurat dapat membidik dan memecah batu ginjal dengan gelombang kejut dari luar tubuh sehingga ukuran batu menjadi kecil-kecil yang nantinya bisa keluar dengan sendirinya bersama air kemih. ESWL tidak memerlukan sayatan sama sekali.

Teknologi gelombang kejut akan diarahkan ke batu dengan alat pandu agar akurat. Gelombang akan tembus kulit dan jaringan sampai mencapai batu. Batu pun akan dipecah menjadi serpihan dan bisa keluar dari saluran kemih.

Biasanya tindakan ESWL ini tidak memerlukan rawat inap dan hanya memerlukan waktu sekitar 45 menit sampai 1 jam. Ini menjadi jawaban dari pertanyaan yang sering diajukan yakni berapa lama tindakan ESWL.

Pertanyaan berikutnya yang sering ditanyakan adalah berapa biaya operasi ESWL. Masalah ini biasanya bergantung pada rumah sakit mana yang akan menjadi termpat dilakukannya tindakan memecah batu ginjal dengan gelombang kejut ini. Tentu akan berbeda.

ESWL batu ginjal apakah sakit, kemungkinan akan menimbulkan rasa sedikit sakit. Namun perlu diingat, salah satu cara mengeluarkan batu ginjal tanpa operasi dengan EWSL ini bisa mengembalikan rasa nyaman beraktivitas yang mungkin tadiny terganggu akibat sakit akibat batu ginjal.

Karena batu dapat keluar melalui saluran kemih dalam ukuran yang lebih kecil yang memungkinkan memperkecil risiko tersangkut.

Ukuran Batu Ginjal dan ESWL

Berapa ukuran batu ginjal yang bisa di ESWL agar menjadi serpihan kecil. Dokter spesialis urologi akan memberikan beberapa pilihan. Bila ukuran batu kurang dari 20 mm, ESWL bisa menjadi solusi terbebas dari siksaan nyeri yang mungkin muncul akibat batu. Atau komplikasi batu ginjal yang mungkin saja muncul di kemudian hari.

Cara Mengeluarkan Batu Ginjal Secara Alami

Dengan memperbanyak asupan air putih mungkin bisa membuat larutnya batu ginjal ke dalam air seni. Tetapi ingat, sesuai kebutuhan ya.

Dengan minum obat yang diresepkan dokter urologi juga bisa membantu. Namun ingat, kalau batu tetap ada, sebaiknya segera konsultasi untuk mendapatkan solusi terbaik.

Artikel Terkait

Sering anyang-anyangan gejala penyakit apa

Sering Anyang-anyangan Gejala Penyakit Apa dan Apa Penyebabnya?

Sering anyang-anyangan gejala penyakit apa kadang menjadi pertanyaan dalam hati pada seseorang yang mengalaminya. Tentu juga mulai mencari tahu anyang-anyangan obatnya apa ya dan mungkin mulai agak khawatir kalau kalau apa anyang-anyangan berbahaya atau tidak. Istilah medis kondisi ini disebut dengan dysuria (dysuria), yang menyebabkan rasa ingin buang air kecil tetapi rasanya urine tidak keluar

Selengkapnya »
Penyebab prostat bengkak

Penyebab Prostat Bengkak dan Prostat Membesar Apa Obatnya?

Penyebab prostat bengkak pada pria, atau dikenal dengan istilah BPH, hingga kini belum diketahui dengan pasti. BPH adalah singkatan dari benign prostatic hyperplasia atau pembesaran prostat jinak. Lama kelamaan prostat yang besar akan mempersempit saluran kemih sehingga mengganggu kelancaran aliran urin saat buang air kecil. Penyebab Prostat Bengkak Penyebab prostat membengkak ini atau BPH prostat

Selengkapnya »
Penghancur batu ginjal

Penghancur Batu Ginjal: Alami dan Metode Tanpa Operasi

Penghancur batu ginjal kadang diperlukan apalagi kalau batunya berukuran cukup besar. Cara ini agar batu bisa menjadi serpihan sehingga bisa keluar dengan sendirinya saat berkemih. Mengendap dan menempelnya mineral dan garam satu sama lain dalam saluran kemih pada akhirnya dapat mengeras layaknya batu. Jadilah batu ginjal. Tak hanya di ginjal. Batu ini bisa di ureter

Selengkapnya »
Malcare WordPress Security