Urology Expert

Penyebab batu ginjal

Penyebab Batu Ginjal pada Pria dan Penyebab Batu Ginjal pada Wanita, Apa Bedanya?

Penyebab batu ginjal perlu dipahami oleh masyarakat. Mengingat bila batu ginjal ini sudah terbentuk bisa saja membesar dan berpindah sehingga menyebabkan masalah pada ginjal maupun infeksi saluran kemih.

Tidak itu saja. bila dibiarkan, lama kelamaan kemungkinan fungsi ginjal akan terkena dampaknya. Tentu bila kondisi gagal ginjal sudah terjadi akibat batu ginjal, akan memerlukan biaya yang bisa dibilang tidaklah sedikit.

Semua orang ingin batu ginjal tidak ada dalam ginjalnya. Mengingat ginjal ini merupakan salah satu organ penting dalam tubuh yang berperan pending dalam penyaringan darah dan menjaga keseimbangan kadar mineral dan garam.

Mengenal Penyakit Batu Ginjal (Nephrolithiasis)

Batu ginjal adalah materi keras yang memang mirip batu yang terbentuk di saluran kemih, khususnya ginjal. Asalnya dari zat-zat sisa metabolisme darah (seperti mineral dan garam) yang sudah disaring ginjal namun mengendap atau mengkristal seiring dengan berjalannya waktu.

Jenis batu ginjal yang keras, meliputi batu kalsium, batu struvite, batu asam urat, batu cystine. Materi keras ini bisa berpindah di saluran urine, misalnya ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra. Tentu lama kelamaan akan mengakibatkan serangkaian gejala yang membuat tidak nyaman.

Biasanya ukuran batu yang masih kecil, tidak bergejala. Gejala akan mulai muncul saat ukuran batu menjadi besar, dan terperangkap dalam ginjal, sehingga berakibat infeksi. Kadangkala saat batu ini berpindah, bisa menimbulkan meningkatnya rasa nyeri.

Dengan memahami penyakit ini termasuk penyebab dan mungkin cara mencegah batu ginjal, maka dapat melakukan beberapa langkah guna mengurangu risiko terjadinya batu ginjal.

Penyebabnya Apa?

Terdapat serangkaian faktor yang mungkin bisa memperbesar seseorang memiliki batu pada ginjalnya.

Ketika dalam keluarga ada pernah mengalami batu ginjal, maka risiko semakin besar. Selain itu, usia bisa menjadi faktor risiko terjadinya batu ginjal.  

Kurangnya asupan air setiap harinya dapat membuat kadar air dalam tubuh tidak cukup untuk melarutkan mineral hingga pada akhirnya dapat mengkristal dan membatu. Itu sebabnya, penting untuk memenuhi kebutuhan air dalam tubuh dengan minum air putih sekitar 8 gelas per harinya.

Makanan tinggi garam dan kalsium juga meningkatkan kadar yang harus disaring oleh ginjal. Begitu pula dengan obesitas atau kelebihan berat badan. Ginjal pada seseorang yang obesitas, harus bekerja lebih keras untuk menyaring darah untuk terpenuhinya kebutuhan metabolisme tubuh yang juga meningkat.

Akibat tingginya konsumsi karbohidrat akan beriringan dengan meningkatnya sekresi kalsium dan oksalat akibat peningkatan insulin setelah makan. Kalau kadarnya sudah berlebihan, maka semakin mudah batu terbentuk di saluran kemih.

Suplemen dan obat-obatan tertentu yang dikonsumsi secara berlebihan juga bisa mempertinggi risiko alami batu ginjal. 

Makanan Penyebab Batu Ginjal

Penyakit batu ginjal tidak boleh makan apa, salah satunya adalah makanan yang tinggi oksalat. Karena bila berlebihan, akan berpeluang mengendap dan akhirnya membatu. Itu sebabnya pantang atau kurangi makanan yang berkadar oksalat tinggi, seperti bayam, bit, almond, kacang tanah, kacang mede, ubi jalar.

Makanan tinggi natrium atau garam juga sebaiknya dikurangi. Misalnya makanan olahan, fast food. Tingginya asupan protein hewani juga berkemungkinan dapat menyebabkan terbentuknya batu ginjal suatu saat, misalnya daging olahan. Minuman manis, dan vitamin tertentu dosis tinggi juga perlu diwaspadai.

Apakah Batu Ginjal Bisa Sembuh Tanpa Operasi?

Ukuran dan lokasi batu menjadi salah satu faktor penentu pengobatannya seperti apa. Batu kecil atau sedang yang masih dapat melewati saluran kemih dengan sendirinya yang mungkin dapat dibantu dengan minum banyak air putih. Ini membantu batu ginjal terdorong keluar dari tubuh.

Bila sudah terdiagnosis adanya batu ginjal, perlu lakukan konsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

Cara mengeluarkan batu ginjal tanpa operasi sudah dapat dilakukan di Indonesia. Misalnya metode ESWL, ureteroscopy, Percutaneous Nephrolithotomy (PCNL).

Sebelum dapat menentukan mana terapi yang tepat, dokter harus melakukan pemeriksaan lengkap dan ditunjang oleh hasil pemeriksaan penunjang lainnya.

Artikel Terkait

Sering anyang-anyangan gejala penyakit apa

Sering Anyang-anyangan Gejala Penyakit Apa dan Apa Penyebabnya?

Sering anyang-anyangan gejala penyakit apa kadang menjadi pertanyaan dalam hati pada seseorang yang mengalaminya. Tentu juga mulai mencari tahu anyang-anyangan obatnya apa ya dan mungkin mulai agak khawatir kalau kalau apa anyang-anyangan berbahaya atau tidak. Istilah medis kondisi ini disebut dengan dysuria (dysuria), yang menyebabkan rasa ingin buang air kecil tetapi rasanya urine tidak keluar

Selengkapnya »
Penyebab prostat bengkak

Penyebab Prostat Bengkak dan Prostat Membesar Apa Obatnya?

Penyebab prostat bengkak pada pria, atau dikenal dengan istilah BPH, hingga kini belum diketahui dengan pasti. BPH adalah singkatan dari benign prostatic hyperplasia atau pembesaran prostat jinak. Lama kelamaan prostat yang besar akan mempersempit saluran kemih sehingga mengganggu kelancaran aliran urin saat buang air kecil. Penyebab Prostat Bengkak Penyebab prostat membengkak ini atau BPH prostat

Selengkapnya »
Penghancur batu ginjal

Penghancur Batu Ginjal: Alami dan Metode Tanpa Operasi

Penghancur batu ginjal kadang diperlukan apalagi kalau batunya berukuran cukup besar. Cara ini agar batu bisa menjadi serpihan sehingga bisa keluar dengan sendirinya saat berkemih. Mengendap dan menempelnya mineral dan garam satu sama lain dalam saluran kemih pada akhirnya dapat mengeras layaknya batu. Jadilah batu ginjal. Tak hanya di ginjal. Batu ini bisa di ureter

Selengkapnya »
Malcare WordPress Security