Urology Expert

Percutaneous nephrolithotomy

Percutaneous Nephrolithotomy: Solusi Efektif untuk Batu Ginjal

Batu ginjal adalah kondisi umum yang dapat menyebabkan rasa sakit yang parah dan mengganggu kualitas hidup seseorang. Meskipun batu ginjal dapat terbentuk di mana saja dalam saluran kemih, mereka paling sering ditemukan di ginjal. Jika batu ginjal tidak dikeluarkan secara alami, perawatan medis mungkin diperlukan. Salah satu prosedur yang paling efektif untuk menghilangkan batu ginjal yang besar atau kompleks adalah percutaneous nephrolithotomy (PCNL).

Percutaneous nephrolithotomy adalah prosedur bedah minimal invasif yang digunakan untuk menghancurkan dan mengeluarkan batu ginjal yang besar atau kompleks. Prosedur ini dilakukan dengan membuat sayatan kecil di punggung pasien untuk mengakses ginjal. Melalui sayatan ini, alat endoskopik yang disebut nefroskop dimasukkan ke dalam ginjal untuk menghancurkan batu ginjal menggunakan energi laser atau gelombang kejut. Fragmen batu kemudian diangkat dengan bantuan alat pengekstraksi khusus.

Keuntungan Prosedur Percutaneous Nephrolithotomy

Menurut Dr Andar Siregar SpU, Tim Urology Expert RSKB Columbia Asia Pulomas, salah satu keuntungan utama dari percutaneous nephrolithotomy adalah kemampuannya untuk menghilangkan batu ginjal yang besar atau kompleks dengan efektif. Prosedur ini juga memungkinkan dokter untuk mengambil sampel batu ginjal untuk pemeriksaan lebih lanjut. Selain itu, PCNL dapat dilakukan pada pasien dengan berbagai kondisi, termasuk mereka yang memiliki kelainan anatomi ginjal.

Prosedur ini biasanya dilakukan di bawah anestesi umum dan membutuhkan waktu beberapa jam. Pasca operasi, pasien mungkin perlu tinggal di rumah sakit selama beberapa hari untuk pemantauan dan pemulihan. Setelah pulang, pasien harus mengikuti instruksi dokter tentang diet dan perawatan pasca operasi untuk meminimalkan risiko komplikasi dan mempercepat pemulihan.

Percutaneous nephrolithotomy telah terbukti menjadi metode yang efektif untuk menghilangkan batu ginjal yang besar atau kompleks. Namun, seperti halnya prosedur medis lainnya, ada risiko yang terkait dengan PCNL, termasuk perdarahan, infeksi, dan kerusakan organ. Oleh karena itu, penting bagi pasien untuk berkonsultasi dengan dokter mereka dan memahami manfaat dan risiko yang terkait dengan prosedur ini sebelum memutuskan untuk menjalani PCNL.

Dalam kesimpulan, percutaneous nephrolithotomy adalah solusi efektif untuk menghilangkan batu ginjal yang besar atau kompleks. Prosedur ini tidak hanya menghilangkan batu ginjal yang menyebabkan rasa sakit dan ketidaknyamanan, tetapi juga memungkinkan dokter untuk mendiagnosis kondisi yang mendasarinya. Jika Anda atau seseorang yang Anda kenal menderita batu ginjal yang besar atau kompleks, konsultasikan dengan dokter Anda untuk mengetahui apakah PCNL adalah pilihan yang tepat untuk Anda.

Artikel Terkait